Gunakan Kata Sapaan Yang Baik dan Sopan

Sst... sst.. “Sst… sst.. ini ada contohnya atau tidak?”

“Sst… sst.. tanya dong. Cara membuat tulisan seperti ini gimana sih?”

“Sst… sst.. ikut yuk ke sana”

“Sst… sst.. boleh pinjam pinsilnya atau tidak?”

“Sst… sst.. coba deh lihat koran hari ini, ada berita menarik nih”

Sst… sst.. Lagi ada pameran di Senayan, ke sana ramai-ramai yuk”

“Sst… sst.. masa kemarin saya melihat ada baju bagus loh di pasar, harganya lebih murah lagi. Seperti gambar yang ada di toko online, persis sama…”

Adegan percakapan di atas sering sekali tanpa sadar atau dengan sadar pernah dilakukan oleh seseorang. Sst… sst.. (satsut satsut) untuk memanggil orang yang akan anda ajak bicara, membuka pembicaraan.

Satsut satsut. Memangnya orang yang anda ajak bicara itu tidak memiliki nama ya? Sampai untuk membuka pembicaraan saja harus menggunakan satsut satsut. Cobalah jadi orang yang anda panggil dengan satsut satsut tadi. Apa yang anda rasakan? Kalau anda masih punya rasa tentu akan merasa tidak suka. Bahkan terkadang merasa direndahkan oleh yang mengajak bicara dengan cara seperti itu.

Betul, perkataan satsut satsut seperti itu dapat diartikan anda merasa lebih tinggi kedudukannya. Alias anda dapat dikatakan sebagai orang sombong. Semua orang yang ada di dunia ini pastilah memiliki sebuah nama. Baik nama yang singkat yang terdiri dari hanya satu kata. Maupun nama yang panjang yang terdiri dari beberapa kata (ada yang empat bahkan ada yang lima kata). Tujuan pemberian nama adalah sebagai doa dan pengharapan. Selain tentunya sebagai pembeda antara orang yang satu dengan yang lain. Serta memudahkan dalam memanggil pemilik nama yang bersangkutan.

Gunakan Kata Sapaan Yang Baik dan Sopan

Ada kalanya lupa dengan nama orang yang ingin anda ajak bicara. Tapi bukan sebagai pembenaran untuk menggunakan satsut satsut. Gunakanlah kata sapaan yang baik dan sopan. Yang telah umum dipakai, tentunya akan lebih sopan dan enak didengar. Menandakan anda menghormati orang yang akan anda ajak bicara tentunya. Toh memang kita dalam hidup ini harus saling menghormati dan tidak boleh sombong. Kata sapaan yang dapat anda gunakan seperti Bapak/Pak, Ibu/Bu, Mas, Mbak, Dek/Dik, Teteh, Aa, Abang, Uni (dapat disesuaikan dengan daerah masing-masing).

Sambil tentunya anda berusaha untuk mengingat-ingat nama dari orangnya. Bila sudah dapat mengingat nama orangnya. Pergunakan namanya untuk berbicara lebih lanjut kepadanya. Kalaupun sampai anda benar-benar tidak teringat, berterus teranglah. Dengan terlebih dulu meminta maaf, kemudian tanyakan kepada yang bersangkutan siapa namanya. Gampang bukan. Tentu orangnya akan dengan senang hati memberitahukan kembali namanya. Yang terpenting adalah anda sudah memberikan penghormatan sebelumnya dengan memanggilnya dengan kata sapaan tadi.

Bila ingin dihormati orang lain maka hormatilah terlebih dulu orang lain.

 

_____________________________________

Yuk saling mengingatkan #BicaraBaikMudah

Follow @BelajarBicara

 

Incoming search terms:

  • kata sopan
  • Kata kata sopan
  • kata sapaan yang sopan
  • kata sapaan yang baik
  • kata kata yang sopan
  • kata kata yg baik dan sopan
  • kata kata sopan dan baik
  • kata sapaan sopan
  • sapaan yang sopan
  • kalimat sapaan yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>